Cyclamen: peduli di rumah (foto). Tumbuh, reproduksi, masalah utama dalam merawat cyclamens di rumah

Cyclamen atau ampas – tanaman hias abadi.

Tanah airnya adalah negara-negara Mediterania dan Asia Kecil.

Genus Cyclamen L. mencakup sekitar 15 spesies.

Dari jumlah tersebut, cyclamen, Eropa, Kosach, dan cyclamen Neapolitan yang paling umum ditemukan di pasar.

Cyclamen Persian penduduk asli Mediterania Timur. Memiliki daun berbentuk hati berwarna hijau gelap dengan pola marmer. Mekar dari bulan September hingga Maret dengan bunga terry atau bunga sederhana. Mewarnai bunga bervariasi dari putih ke berbagai nuansa merah. Waktu istirahat adalah Mei-Juni.

Cyclamen Eropa di alam liar ditemukan di Eropa Tengah dan Selatan. Itu juga disebut Alpine violet. Daunnya lebih kecil dari daun Persia. Bunga memancarkan aroma, intensitas yang tergantung pada warna bunga: semakin terang naungannya, semakin halus baunya. Spesies ini adalah satu-satunya dari semua cyclamens yang tidak jatuh selama periode hibernasi.

Cyclamen dari Kosach Ini dinamai pulau Kos, yang pertama kali ditemukan. Ia memiliki kekhasan tersendiri: kelopaknya melebar tajam dari pangkal dan memiliki titik gelap.

Cyclamen ivy atau Neapolitan berbeda dari spesies lain dalam bentuk daun: karena tepian bergerigi mereka mirip dengan daun ivy. Blossoms pada bulan September-November. Bunga muncul sebelum daun.

Dalam florikultur dalam ruangan tumbuh terutama cyclamen Persia. Dia memiliki banyak variasi. Ketinggian tangkai mereka dibagi menjadi standar (20-30 cm), sedang (15-22 cm) dan tumbuh rendah (hingga 15 cm). Varietas yang paling populer: Charlie, Scarlet Moth, Spring Moth, Leela, Rose, Flamingo, Sylphide, Topaz, Rembrandt, Elf, Bellissima.

Cyclamens sangat bergantung pada kondisi suhu: mereka mulai aktif bervegetasi ketika lembab dan dingin. Ketika suhu udara naik, mereka siap untuk periode istirahat. Ini menciptakan kesulitan tertentu dalam merawat cyclamens di rumah, terutama selama musim pemanasan. Namun, jika Anda mengikuti aturan tertentu untuk perawatan keinginan ini, maka bunga kupu-kupu cerah dapat dikagumi selama lebih dari satu tahun.

Cyclamen: perawatan di rumah – reproduksi, transplantasi, waktu istirahat

Reproduksi

Di rumah, tidak mudah untuk menyebarkan cyclamen. Itu bisa ditanam dari biji dan divisi umbi.

Jika benih dibeli di toko kebun, maka ketika Anda membeli, Anda harus melihat tanggal kedaluwarsa pada paket: benih mempertahankan kapasitas perkecambahannya hingga 2 tahun.

Jika ada cyclamen berbunga di rumah, ahli florikultur harus bekerja dengan “bee-pollinator” untuk mendapatkan bijinya: mentransfer serbuk sari dari satu bunga dengan kapas atau sikat ke yang lain. Untuk memperkuat keberhasilan dalam penyerbukan, prosedur ini diulang beberapa kali. Waktu yang paling tepat untuk ini adalah pagi hari yang cerah.

Benih yang sudah matang disimpan selama 2 bulan dan kemudian ditanam, direndam dalam Zirkon.

Sebagai substrat, gambut dicampur dengan vermikulit atau lembaran tanah dengan bagian yang sama. Tidak perlu menembus benih ke dalam tanah secara mendalam: setelah menyebarkannya ke permukaan, taburi dengan lapisan tanah yang tipis. Suhu optimal untuk perkecambahan adalah + 20 ° C (pada nilai yang lebih tinggi benih akan jatuh ke hibernasi, dan kurang dari + 18 ° C kemungkinan pembusukannya tinggi). Penanaman harus secara berkala dibasahi dan diventilasi.

Bibit mulai muncul setelah sekitar 4-6 minggu. Mulai saat ini, pot dengan bibit ditempatkan di tempat yang cukup terang (tetapi tanpa sinar matahari langsung) dengan suhu + 15 + 17 ° C. Ketika bibit memiliki nodul kecil dan 2-3 daun, mereka diselami ke dalam wadah terpisah. Seminggu setelah ini, tanaman diberi makan dengan pupuk mineral (dosis dikurangi 2 kali dari yang ditunjukkan pada paket). Cyclamens tumbuh dari biji mekar 12-18 bulan setelah tanam. Itu terjadi bahwa pembungaan dimulai bahkan kemudian (3-4 tahun kemudian).

Reproduksi cyclamen dengan membagi umbinya lakukan sebagai berikut:

• Selama periode istirahat tanaman (musim semi-musim panas), umbinya digali dari tanah, dipotong menjadi beberapa bagian;

• Setiap delena semacam itu harus memiliki ginjal dan akar;

• Bagian-bagian dikeringkan, diperlakukan dengan fungisida atau arang yang dihancurkan;

• Potongan-potongan ditempatkan di pot terpisah dan dimasukkan ke dalam rumah kaca atau ditutup dengan cangkir plastik.

Ketika memilih bahan tanam di toko taman, perhatikan penampilan: umbinya harus elastis, tidak berkerut, tanpa noda membusuk.

Transplantasi

Cyclamens, terutama berbunga, bereaksi buruk terhadap transplantasi. Oleh karena itu, tanaman pot yang dibeli atau Anda sendiri dapat ditransplantasikan ketika sedang mekar. Lebih baik untuk menunda prosedur ini ke awal vegetasi aktif (Agustus – awal September) – tanda akan menjadi pertumbuhan daun baru setelah periode istirahat. Panci baru diambil sedikit lebih dari yang lama. Di bagian bawah diperlukan lapisan drainase dari berbagai fraksi tanah liat atau puing-puing yang diperluas. Tanah sebelum penanaman diinginkan untuk melepaskan larutan kalium permanganat atau fungisida. Pendalaman umbi cyclamen selama penanaman tergantung pada spesies tanaman. Jadi, dalam cyclamen Persia, umbi ditanam di tanah hanya dengan 2/3, sedangkan pada spesies lain ia dikubur sepenuhnya. Tanaman yang ditransplantasikan ditempatkan di tempat yang sejuk dan cerah. Penyiraman karena pertumbuhan daun baru secara bertahap meningkat.

Periode istirahat

Pada akhir musim semi – awal musim panas setelah mekar, cyclamen memulai periode istirahat. Daun dan bunga yang layu terputus, penyiraman dikurangi sampai minimum (sehingga tidak ada pengeringan tanah yang sempurna). Pot dengan umbi ditata ulang atau diletakkan di satu sisi di tempat berventilasi dingin dan disimpan dengan cara ini sampai musim gugur. Untuk menghapus tanaman dari hibernasi (awal musim gugur), itu dibawa ke cahaya dan secara bertahap meningkatkan penyiraman.

Perawatan Cyclamen di rumah – tanah, pencahayaan, kondisi untuk berbunga

Pencahayaan

Cyclamens suka cahaya menyebar, lebih baik untuk menjaga mereka di penumbra – matahari langsung menyebabkan luka bakar pada mereka. Arah optimal adalah barat dan timur. Di jendela utara, cyclamen tidak memiliki cahaya yang cukup, dan di jendela selatan terdapat keteduhan yang diperlukan.

Tanah

Cyclamens untuk kesejahteraan membutuhkan tanah yang dikeringkan dan bergizi dengan reaksi asam lemah atau netral (pH 5,5-6,0). Substrat dibuat dari campuran dedaunan, rumput, pasir, humus pada bagian yang sama. Untuk menentukan keasaman tanah, Anda dapat menggunakan strip tes khusus. Prosedurnya adalah sebagai berikut: sejumput tanah dicampur dengan air, endapan diselesaikan dan strip uji diturunkan ke dalam larutan yang dihasilkan. Hasilnya diperiksa terhadap skala pada paket.

Cyclamen: peduli di rumah (foto). Tumbuh, reproduksi, masalah utama dalam merawat cyclamens di rumah

Urutan tindakan untuk menentukan keasaman tanah

Jika tidak ada strip uji semacam itu, maka kita dapat menentukan keasaman melalui reaksi dengan cuka – mereka menuangkan segenggam bumi dan mengevaluasi hasilnya. Jika ada banyak gelembung, maka tanahnya bersifat basa, jika jumlahnya sedikit – reaksinya netral. Jika tidak terjadi apa-apa, maka tanahnya bersifat asam.

Kondisi untuk berbunga

Untuk cyclamen senang dengan pembungaannya, perlu untuk mematuhi kondisi tertentu:

• Ukuran pot yang sesuai – dalam kapasitas yang ketat atau terlalu besar, mekar terhambat;

• Kekurangan gizi;

• Keasaman tanah yang tidak sesuai;

• Pendaratan yang tidak tepat: cyclamen Persia ditanam, meninggalkan “puncak” umbi di atas tanah, sisa spesies membutuhkan penetrasi akar. Jarak antara umbi dan tepi pot dipertahankan pada dua hingga tiga sentimeter;

• Tanaman membutuhkan waktu istirahat dan jalan keluar yang benar.

Perawatan Cyclamen di rumah – saus atas dan penyiraman

Menyiram

Aturan utama untuk menyiram cyclamen adalah moderasi dan akurasi. Penting untuk tidak terlalu banyak membersihkan dan mengeringkan lahan. Bunga ini sering dipengaruhi oleh busuk akar, jadi hanya lapisan bawah tanah yang perlu dibasahi. Lebih baik menyiram cyclamen di tepi pot (untuk menghindari masuk ke pusat roset, pada daun dan kuncup) atau melalui nampan: taruh pot dengan tanaman dalam baskom atau seember air, setelah 15 menit, bersih. Pada periode berbunga, mallard disirami berlimpah dengan air yang berdiri. Setelah tanaman berbunga, penyiraman secara bertahap dikurangi, dan pada awal periode istirahat (dari Maret hingga Agustus) benar-benar berhenti.

Kelembaban udara

Cyclamen suka ketika basah dan dingin. Jangan menyimpannya dekat sumber panas – tanaman akan melepas daun dan masuk ke hibernasi. Untuk meningkatkan kelembapan udara di dekat pabrik, pot dapat ditempatkan di palet dengan kerikil basah. Sebelum munculnya tunas cyclamen, Anda bisa sesekali menyemprot.

Pupuk

Untuk memberi makan cyclamen dimulai pada masa pertumbuhan aktif dan pembungaan. Dengan terjadinya pertumbuhan aktif, pertumbuhan daun ditambah dengan pupuk mineral yang kompleks setiap 2 minggu. Ketika kuncup muncul, kurangi dosis nitrogen dan tingkatkan kalium dan fosfor.

Cyclamen di rumah: mengapa dia sekarat?

Cyclamen adalah tanaman yang menuntut, sangat bereaksi terhadap ketidakakuratan dalam perawatan. Daun menguning dimungkinkan karena beberapa alasan:

• Kekurangan kelembaban di tanah dan di udara;

• Tanaman tersebut kelaparan – selama periode pembungaan harus diberi makan;

• Mengalahkan hama atau penyakit;

• Tutup panci;

• Keadaan alami dari awal periode istirahat.

Jika daunnya memiliki bentuk yang jelek, berhenti tumbuh dan menjadi kaku, bunga layu, tangkai bunga dipelintir, sehingga tungau cyclamen datang berkunjung. Insektisida normal yang diizinkan untuk digunakan di rumah tidak terpengaruh. Pabrik harus dihancurkan untuk mencegah penyebaran hama.

Rusak thrips daunnya ditutupi bintik-bintik keperakan. Serangga ini adalah pembawa virus daun perunggu, yang cacat, dan “perceraian” coklat muncul pada mereka. Seiring waktu, pisau daun necrotize. Tanaman yang sakit tidak merespon pengobatan, harus dimusnahkan. Melawan thrips menggunakan insektisida (Fitoverm, Aktara, Agverotin).

Cyclamen: peduli di rumah (foto). Tumbuh, reproduksi, masalah utama dalam merawat cyclamens di rumah

Lembar cyclamen yang rusak karena perjalanan

Jika itu Peduncle tumbuh lebih pendek dari daun dan bunga-bunga mekar di bawah mereka, penyebabnya adalah rezim irigasi yang salah: terlalu banyak atau mengeringkan koma bumi dalam kombinasi dengan suhu rendah.

Seringkali cyclamens mati karena penyakit jamur dan bakteri. Udara basah dan dingin, ditambah dengan sirkulasi yang buruk, berkontribusi pada munculnya busuk abu-abu. Daun menjadi kuning, dan cetakan abu-abu muncul pada mereka. Bagian yang terkena tanaman harus hati-hati dihapus (spora jamur mudah menyebar ketika udara bergerak) dan mengobati tanaman dengan fungisida (Skor, Fitosporin-M, Fundazol). Untuk profilaksis, lakukan ventilasi ruangan lebih sering, kurangi jumlah penyiraman.

Busuk basah dimanifestasikan oleh layu tajam tanaman dan bau busuk dari sistem akar. Infeksi terjadi melalui air yang terinfeksi atau tanaman yang berpenyakit. Perawatan tidak memungkinkan perawatan.

Fusarium – penyakit jamur yang mempengaruhi sistem vaskular tanaman. Itu muncul pada daun yang menguning, sering di satu sisi tanaman. Seiring waktu, jamur mempengaruhi seluruh tanaman. Pada tahap awal penyakit, cyclamen dituangkan dengan larutan dasar, bagian tanah disemprotkan dengan Topsin-M.

Cyclamen: peduli di rumah (foto). Tumbuh, reproduksi, masalah utama dalam merawat cyclamens di rumah

Fusarium wilting cyclamen

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − = 14