Cara memotong pohon apel dengan benar di musim semi (foto). Rekomendasi ahli pemangkasan pohon apel: untuk mengecilkan, mempersingkat

Agar pohon tumbuh kuat dan berbuah baik, harus dipotong waktu dan benar.

Sunat pohon apel harus dilakukan di musim semi, ketika pohon belum mulai melarutkan ginjal setelah musim dingin.

Setiap tukang kebun yang berpengalaman tahu bagaimana melakukannya dengan benar.

Bahwa pohon itu tumbuh sehat dan memberi buah-buahan yang berair, itu harus dipangkas.

Mengapa pemangkasan perlu dilakukan?

Totalitas semua cabang pohon apel membentuk mahkota. Jika pemangkasan pohon apel tidak dilakukan pada musim semi, mahkota tumbuh jauh lebih cepat daripada pohon apel, yang diikuti dengan perawatan konstan.

Fungsi utama dari penyunatan apel, serta pohon buah lainnya, adalah pembentukan bentuk mahkota yang diinginkan. Pemangkasan harus dilakukan agar cabang panjang berada lebih rendah, dan lebih pendek – lebih tinggi. Artinya, semakin tinggi cabangnya, semakin pendek cabangnya.

Bentuk mahkota yang benar akan membuat pohon apel tidak hanya lebih menarik secara eksternal, tetapi juga akan membuat batangnya lebih stabil. Jika Anda tidak melakukan pemangkasan pohon tepat waktu, kelebihan beban dengan buah-buahan, cabang-cabang, atau bahkan batang itu sendiri akan mulai menekuk dan patah. Bentuk mahkota yang benar adalah kunci untuk kenyamanan maksimal bagi pohon dan saat memanen untuk tukang kebun.

Dengan demikian, memotong pohon apel untuk:

  • meremajakan pohon;

  • memberi mahkota bentuk yang diperlukan dan nyaman saat panen;

  • untuk menyingkirkan serangga yang membahayakan pohon;

  • pindahkan cabang yang lemah dan mati;

  • membuka akses pohon terbaik ke sinar matahari;

  • untuk menurunkan mahkota.

Proses pemangkasan bibit

Seringkali bibit apel berumur dua tahun dibeli untuk kebun, yang harus dipotong untuk pertama kalinya setelah tanam. Sayangnya, tidak peduli seberapa cermat benih itu digali, sistem akarnya masih akan rusak. Proses sunat akan membantu pohon untuk mendistribusikan pertukaran nutrisi dan kelembaban secara merata di antara sistem akar dan bagian yang terletak di atas tanah. Jangan lupa bahwa pemangkasan adalah momen penting dalam menentukan formasi masa depan mahkota.

Pemangkasan berikutnya harus dilakukan tepat dalam setahun, di musim semi. Ini akan diperlukan untuk meninggalkan 4-5 cabang terkuat yang membentang dari batang pada sudut lebar. Dalam beberapa tahun, cabang-cabang ini akan menjadi elemen dasar dalam struktur pohon apel. Tunas-tunas ini harus dipangkas untuk membentuk penempatan mereka dalam bentuk tier: lebar harus tetap dari bawah, yang lebih pendek dari atas. Batang utama harus dipotong sedemikian rupa sehingga ditempatkan 25 cm di atas cabang-cabang lain.Jika bagasi dibelah dua, salah satu bagian harus benar-benar dipotong atau diatur secara horizontal.

Tunas yang tumbuh pada sudut akut dari batang harus dipotong sehingga di masa depan mereka tidak putus atau merusak pohon di bawah berat buah.

Cara memotong apel dengan benar di musim semi: waktu terbaik

Pemangkasan harus dimulai pada awal musim semi yang pertama setelah penanaman setahun, terlepas dari waktu tahun ketika pohon apel ditanam – di musim semi atau musim gugur. Pemangkasan seperti di pegas akan membantu menyeimbangkan pohon antara bagian atas tanah, yang telah tumbuh, dan melemah setelah transplantasi oleh sistem akar.

Jika pemangkasan ini tidak dilakukan dengan benar, sistem akar tidak dapat sepenuhnya menyediakan bagian di atas tanah dengan nutrisi dan kelembaban. Pemangkasan pohon apel mempromosikan pembentukan kerangka mahkota, dan juga mencegah perkembangan cacat pada struktur pohon. Memangkas pohon dilakukan seperti ini:

Tahunan

Anak pohon tahunan, sebagai suatu peraturan, tidak punya waktu untuk bercabang. Mereka harus dipotong pada tingkat 80-100 cm di atas permukaan. Pendekatan ini akan memungkinkan pohon apel untuk mulai menyiapkan tunas samping sepanjang tahun, yang akan membentuk mahkota. Terkadang itu terjadi sehingga mereka juga memberikan offshoots. Dalam hal ini, perlu untuk menghilangkan semua tunas pada tingkat 50-75 cm dari permukaan bumi.

Juga, potong tunas yang tumbuh lebih tinggi, tumbuh pada sudut akut dari batang. Tunas yang tumbuh pada sudut lebar harus dipendekkan sehingga mereka menjauh dari batang pohon. Bagian atas batang juga harus dipendekkan sehingga naik di atas tunas lain sebesar 20-25 cm.

Dua tahun

Adapun bibit dua tahun, mereka dipangkas hampir dengan cara yang sama seperti yang tahunan. Bibit yang berusia dua tahun perlu meninggalkan hingga lima tunas terkuat dengan sudut lebar, di masa depan mereka dapat menjadi dasar bagi pembentukan pohon apel. Semua tunas lainnya harus dihilangkan. Sisa 4-5 tunas terkuat harus dipendekkan dengan menggunakan tangga: tinggalkan bagian bawah 30-35 cm, dan kurangi panjang secara bertahap saat Anda bertambah. Varian mahkota ini adalah yang paling populer karena merupakan yang paling efektif.

Cara memotong apel dengan benar di musim semi: menipis

Setiap proses pemangkasan pohon dimulai dengan penipisan. Pertama Anda perlu membuka pusat dengan benar. Untuk melakukan ini, Anda perlu memotong bagian atas di cabang, di mana ada berbagai cabang. Ini akan mengurangi ketinggian pohon apel dan membuka akses ke sinar matahari di dalam mahkota.

Maka Anda perlu memotong daerah yang paling bercabang di pohon. Poin penting: mulailah proses penipisan dari cabang terbesar. Ini akan memudahkan pekerjaan Anda dan menunjukkan Anda ke mana harus pergi lebih jauh, sehingga Anda dapat lebih baik mengakses sinar matahari ke mahkota. Selain itu, pohon akan jauh lebih mudah untuk membawa beberapa luka besar daripada banyak luka kecil.

Selama bekerja, cobalah memangkas di bawah bagasi, tanpa meninggalkan tunggul, karena mereka akan setelah beberapa waktu mulai berlari ke bawah dan akhirnya tampak hampa. Memotong dahan terlalu dekat dengan bagasi juga tidak dianjurkan, karena luka seperti itu akan sangat lama. Solusi yang optimal adalah membuat potongan pada cincin, yaitu, agar garisnya melewati cincin masuknya. Cabang-cabang pohon yang paling tebal harus dipotong sedikit lebih jauh, setelah itu tunggul itu sendiri harus dihilangkan: ini akan memungkinkan untuk dilakukan tanpa air mata dan air mata. Untuk memangkas cabang seperti itu, Anda dapat menggunakan gergaji sempit dengan gigi kecil, untuk memaksakannya lebih baik dari bawah. Tanda pada pohon apel setelah pemotongan perlu ditutup dengan cat atau varus untuk mencegah kelembaban dan serangga berbahaya masuk ke dalamnya, ini akan memungkinkan pohon untuk pulih lebih cepat.

Cara memotong apel dengan benar di musim semi: memperpendek

Proses pemendekan pada musim semi tahun ini dapat meningkatkan pasokan kelembaban dan nutrisi ke ginjal, yang pada akhirnya akan menimbulkan banyak tunas baru. Mempersingkat cabang-cabang pohon membuatnya memungkinkan untuk membuat mahkota sekompak mungkin dan untuk meningkatkan aliran sinar matahari ke dalamnya. Cabang atas harus dipotong di atas cabang lateral yang diarahkan dari mahkota ke luar. Untuk menyentuh cabang yang lebih rendah, mereka harus dipotong di bawah cabang yang diarahkan ke atas.

Jika mahkota pohon sangat menebal, pemangkasannya harus dilakukan tidak dalam 1 tahun, tetapi membagi proses kerja selama beberapa tahun, sehingga pohon apel akan lebih mudah untuk menyembuhkan banyak luka. Pemangkasan apel harus dilakukan setiap tahun, dan waktu terbaik untuk ini adalah musim semi.

Bagaimana pemangkasan dilakukan untuk tahun ketiga atau kelima setelah tanam

Setelah dua tahun pertama setelah penanaman, mahkota mulai terbentuk di pohon, jadi setiap pemangkasan musim semi harus dilakukan dengan benar dan tepat waktu.

Anda juga perlu tahu bahwa dalam periode waktu ini pohon apel ditusuk, yaitu, minimal, agar tidak merusak buah pohon apel.

Jangan lupa setiap musim semi mengikuti pertumbuhan konduktor dan jangan biarkan bifurkasio.

Tahun ketiga konduktor harus dipotong pada tingkat tingkat kedua cabang. Penambahan cabang terbesar harus dipotong sehingga sistem tingkatan terbentuk. Lakukan pemangkasan pohon di tahun yang berbeda yang Anda butuhkan seperti ditunjukkan di bawah ini:

Cara memotong pohon apel dengan benar di musim semi (foto). Rekomendasi ahli pemangkasan pohon apel: untuk mengecilkan, mempersingkat

Pada pohon muda, sunat tidak disarankan:

  • ranting buah;

  • cincin;

  • cincin;

  • buket atau ranting campuran;

  • memacu.

Untuk tahun kelima setelah pendaratan, formasi mahkota selesai.

Jangan lupa bahwa alat untuk memotong pohon apel harus diasah dengan baik, jika tidak, kulit pohonnya bisa rusak parah. Untuk pekerjaan yang terbaik adalah menggunakan gunting runcing (untuk ranting yang tipis) atau gergaji (untuk cabang yang lebih tebal).

Cara memotong apel dengan benar di musim semi: memproses

Untuk pohon apel menghabiskan upaya minimal dalam penyembuhan luka dan tidak terganggu oleh serangga berbahaya, Anda perlu memprosesnya dengan benar, seperti yang ditunjukkan dalam gambar ini:

Cara memotong pohon apel dengan benar di musim semi (foto). Rekomendasi ahli pemangkasan pohon apel: untuk mengecilkan, mempersingkat

Untuk melakukan ini, gunakan cat minyak pada pernis atau lainnya untuk membakar kulit kayu. Sebagai pilihan, Anda dapat menggunakan larutan kapur dan tembaga sulfat, mengencerkannya dalam rasio 10 hingga 1, ini akan membuat disinfeksi luka.

Perlakuan terhadap pohon apel tua dengan cat atau pernis harus dilakukan segera setelah pemotongan. Sedangkan untuk pohon muda, setelah dipotong mereka tidak boleh diproses lebih awal daripada setelah satu atau dua hari.

Bagaimana cara memotong pohon apel dengan benar di musim semi selama musim berbuah?

Secara terpisah perlu dibicarakan tentang proses penyunatan pohon yang sudah mulai berbuah. Proses ini diperlukan terutama untuk mendukung dan meremajakan pohon apel.

1. Ketika pohon mulai berbuah, pertambahan tahunan sangat melemah dan mulai mengganggu pohon apel. Mereka dapat menebalkan mahkota sehingga hampir tidak ada sinar matahari yang masuk ke dalamnya, dan ini penuh dengan perlambatan proses pertukaran, yaitu, buah mulai bernyanyi untuk waktu yang lama atau bahkan mulai memburuk.

2. Lakukan pemotongan cabang-cabang pengentalan yang masuk ke dalam mahkota atau menyeberang dengan cabang-cabang buah adalah wajib, ini akan memungkinkan pohon apel untuk merasa lebih baik dan memberikan jumlah buah yang maksimum.

3. Penghilangan cabang penebalan terbesar jauh lebih efektif daripada memotong beberapa yang kecil.

Sunat pohon apel di musim semi adalah momen yang sangat penting dalam hal memastikan pertumbuhan dan perkembangannya yang benar. Tukang kebun pemula mungkin berpikir bahwa Anda dapat melakukannya tanpa pemangkasan, tetapi dalam kasus ini, mahkota pohon apel akan berkembang dengan tidak benar, dan cabang-cabang pohon akan mulai pecah. Pohon yang tidak disunat tidak dapat menghasilkan hasil tinggi secara konsisten setiap tahun, dalam prakteknya sering terjadi seperti ini: dalam satu tahun sejumlah besar buah kecil tumbuh, di sisi lain – tidak ada buah sama sekali.

Pada akhirnya, saya ingin mencatat bahwa memotong apel di musim semi diperlukan tidak hanya untuk pembentukan ubun-ubun, tetapi juga untuk memastikan pertukaran nutrisi yang benar, yang akan memungkinkan pohon berbuah setiap tahun.

Jagalah pohon-pohon di kebun Anda dan jangan lupa untuk memangkas waktu. Untuk pohon apel ini setiap tahun akan menyenangkan Anda dengan buah-buahan yang besar dan matang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 55 = 57