Manfaat dan bahaya lada: bagaimana cara mengaplikasikannya dengan benar. Apa itu lada, apa yang baik untuk tubuh manusia

Bumbu-bumbu, yang menjadi biasa bagi kita, dulunya sepadan dengan emas. Nilai mereka ditentukan tidak hanya oleh fakta bahwa mereka memberi cita rasa pada hidangan, tetapi juga memiliki sifat yang berguna.

Cara membuat lada

Ada berbagai jenis merica: hitam, putih, merah muda dan merah. Cabai merah adalah cabai, itu tidak akan menjadi masalah.

Semua jenis lada lainnya diperoleh dari satu tanaman – liana yang mirip pohon. Lada hitam dibuat dengan mengeringkan kacang polong mentah. Lada putih diperoleh dari biji-bijian yang sudah matang sepenuhnya. Dan pink adalah kondisi rata-rata antara lada hitam dan putih.

Tergantung pada tingkat kematangan biji-bijian, pembakaran dan aroma mereka berbeda. Namun, komposisi mikro dan vitamin hampir sama. Rasa akut disediakan oleh piperine, dan aroma yang menyenangkan dengan minyak esensial. Tentang lada ini akan dibahas lebih lanjut.

Secara umum, kacang polong mempertahankan sifatnya selama beberapa tahun, tetapi lada kehilangan aromanya setelah 2-3 bulan. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menggiling lada segera sebelum digunakan.

Komposisi lada per 100 gram:

● Protein – 11 g;

● Lemak – 3,30 g;

● Karbohidrat – 38 g;

● Serat makanan – 26 g;

● Air – 10,50 g;

● Abu – 4 g.

Microelements:

● konten mangan yang tinggi. Hal ini diperlukan untuk jaringan tulang normal dan produksi tiroksin (hormon tiroid). Meningkatkan pencernaan dan berfungsinya sistem saraf pusat;

● besi. Ini diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Menangkap oksigen dan mengirimkannya ke semua sel tubuh;

● tembaga. Hal ini diperlukan untuk memfungsikan hampir semua sistem: produksi hormon, kekebalan, kerja otak dan sistem saraf, memperbaiki kondisi pembuluh darah, dll .;

● Selenium, seng dan fluor hadir dalam jumlah kecil;

Microelements:

● potassium. Penting untuk operasi penuh jantung;

● kalsium. Bertanggung jawab untuk kekuatan tulang dan gigi;

● dalam jumlah yang lebih kecil dari magnesium, natrium dan fosfor;

Vitamin:

● Vitamin A. Penting untuk kulit dan rambut yang sehat;

● vitamin grup B;

● sejumlah besar vitamin K. Ini mempromosikan pembekuan darah, menormalkan kerja hati dan ginjal. Hal ini diperlukan untuk asimilasi vitamin D dan kalsium.

Ada juga asam-asam seperti itu:

● Omega-3, Omega-6, dan Omega-9;

● Lauric;

● Myristic;

● Palmitic;

● Linoleum;

● Linolenic.

Manfaat lada

Berguna sifat lada:

1. Meningkatkan pencernaan. Karena komponen yang terbakar, produksi jus lambung dan empedu meningkat. Oleh karena itu, makanan dengan tambahan cabai yang murah hati direkomendasikan untuk orang dengan keasaman rendah. Lada akan membantu mencerna dan mengasimilasi makanan berlemak.

2. Mencegah kanker. Antioksidan yang ada di dalam komposisi membuang racun dan racun dan mengikat radikal bebas, yang mencegah sel kanker berkembang.

3. Menguatkan sistem saraf, berkat vitamin penyusunnya.

4. Membersihkan usus dari racun dan racun. Dalam merica adalah kandungan serat tinggi, yang dikenal karena kemampuannya untuk menghapus slagging.

5. Menghapus dan memperkuat pembuluh darah, menurunkan kolesterol. Karena itu, dapat digunakan sebagai sarana mencegah stroke dan serangan jantung.

6. Menguatkan otot jantung.

7. Meningkatkan penyembuhan luka, karena meningkatnya koagulabilitas darah. Memiliki aksi anti-inflamasi dan antibakteri.

8. Memiliki efek diuretik, diuretik dan analgesik yang kecil. Ketika digunakan bersama dengan madu, sputum dikeluarkan dari bronkus dan mencegah pembentukan dan stagnasi.

9. Membersihkan hati. Piperin merangsang peningkatan produksi empedu, yang memiliki efek memurnikan pada hati.

10. Obat yang baik untuk cacing.

11. Mengembalikan fungsi pankreas.

12. Merangsang metabolisme.

13. Perjuangan dengan berat badan berlebih. Zat aktif dalam lemak split merica.

14. Mengurangi tekanan darah. Memiliki efek mencairkan darah.

15. Menguatkan kekebalan.

16. Menormalkan kerja sistem endokrin dan saraf. Membantu melawan stres, depresi, dan kehilangan kekuatan.

Diketahui bahwa lada membantu melawan bintik-bintik putih dengan vitiligo, merangsang produksi melanin.

Berkat penyimpanan panjang, lada dapat digunakan di musim dingin sebagai sarana untuk melawan kekurangan vitamin. Ini tidak hanya mengandung vitamin, tetapi juga mempromosikan penyerapan nutrisi yang lebih baik dari makanan lain.

Penggunaan lada hitam dapat meningkatkan memori dan koordinasi. Oleh karena itu, bumbu direkomendasikan untuk dimasukkan dalam diet orang tua dan pasien dengan Alzheimer atau kelemahan mental.

Saat rambut rontok, disarankan untuk menggosok lada tanah bersama dengan garam ke kulit kepala. Karena mudah terbakar, sirkulasi darah dan pertumbuhan folikel rambut yang mati dirangsang.

Untuk mengobati kutil, eksim, rambut rontok, bisul dan penyakit kulit inflamasi lainnya, perlu mencampur bubuk tanah dengan mentega cair. Oleskan campuran ke area masalah selama 15-20 menit, lalu bilas.

Dengan perasaan berat di perut atau makan berlebihan, Anda bisa minum sejumput lada.

Dari radiculitis, osteochondrosis dan penyakit artikulatif lainnya merekomendasikan untuk mengoleskan tempat-tempat bermasalah dengan minyak sayur dicampur dengan lada. Komposisi ini memiliki efek pemanasan dan analgesik.

Penelitian menunjukkan bahwa lada membantu menurunkan berat badan lebih cepat dengan meningkatkan suhu dan mempercepat metabolisme tubuh. Namun, lada akan menjadi tidak berdaya jika Anda tidak mengkonsumsi energi yang Anda konsumsi. Dua gram cabai per hari dapat mencegah pembentukan lemak baru.

Merugikan lada

Meskipun daftar sifat yang berguna cukup besar, lada hitam tidak bisa disebut sebagai obat mujarab untuk semua penyakit. Gunakan itu harus sangat hati-hati, karena reaksi alergi adalah mungkin.

Gunakan lada tidak dianjurkan untuk orang-orang dengan gastritis dan sakit maag. Karena itu dapat sangat meningkatkan keasaman dan menyebabkan eksaserbasi penyakit. Bahkan mungkin munculnya pendarahan di organ-organ saluran cerna.

Kontraindikasi pada penggunaan radang ginjal dan kandung kemih. Saat mengeluarkan lada dari tubuh, iritasi pada organ yang meradang dan kerusakan keadaan dimungkinkan.

Jangan berikan bumbu kepada anak-anak di bawah 5 tahun, karena dapat merusak pekerjaan saluran pencernaan.

Setelah operasi, jangan gunakan lada sampai sendi benar-benar sembuh. Menghirup secara tidak sengaja dapat menyebabkan reaksi alergi dan bersin, dan jahitannya dapat menyebar.

Satu hari sebelum pengiriman tes apa pun, ada baiknya menghentikan lada, karena dapat merusak hasil.

Dalam beberapa kasus, penurunan fungsi reproduksi pada wanita dan hasrat seksual dicatat dengan penggunaan berlebihan dari bumbu ini.

Jangan gunakan cabai untuk orang dengan penyakit mental, karena dapat menyebabkan kelebihan eksitasi dan iritabilitas.

Dalam hal apapun, bahkan jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan, Anda tidak boleh meminum lada saat perut kosong. Jadi Anda bisa mendapatkan maag atau mulas.

Meskipun reseptor manusia terbiasa dengan banyak lada, tidak disarankan untuk makan lebih dari 5 gram per hari. Secara berlebihan, mual, muntah, diare dan bahkan dehidrasi tubuh dimungkinkan.

Cabe tanah, seperti produk lainnya, memiliki banyak khasiat yang berguna, tetapi Anda perlu mendekati penggunaan dengan pikiran, dan kemudian tubuh Anda hanya akan merasakan efek positif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

87 − = 84