Gonore pada wanita - penyebab, gejala dan pengobatan, kemungkinan komplikasi gonore. Pencegahan kencing nanah pada wanita

Gonore pada wanita adalah penyakit infeksi yang khas yang ditularkan secara seksual. Dalam bahasa Yunani, itu berarti “aliran benih”.

Nama lama adalah kencing nanah. Ini adalah penyakit kelamin, didiagnosis terutama pada usia 15 – 35 tahun, mengambil tempat kedua setelah klamidia.

Menurut WHO, sekitar 62 juta pasien gonore muncul di dunia setiap tahun.

Di antara kemungkinan rute penularan dari seksual primer (98%), dan penularan infeksi terjadi dengan semua varian kontak seksual. Oleh karena itu, dan dalam prosesnya dapat, di samping organ-organ sistem genitourinari, rektum, nasofaring, mata.

Dengan kontak tunggal dengan pasangan yang terinfeksi gonore, risiko penyakit adalah 60 – 90%.

Dalam 80% kasus dengan gonore, Trichomonas atau klamidia ditemukan. Kedua pasangan seks terinfeksi dan sakit.

Saat melahirkan gonococcus jatuh pada mata lendir bayi yang baru lahir, menyebabkan blenorea (nanah), gadis-gadis dapat menembus melalui celah kelamin.

Ada cara lain untuk mentransfer – melalui piring, air di kolam renang, loofah, linen pribadi orang lain, handuk, seprei dan barang-barang kebersihan pribadi lainnya – rumah tangga. Tetapi ini sangat jarang terjadi, karena gonococcus ada di lingkungan luar selama tidak lebih dari empat jam.

Infeksi dapat terjadi jika sejumlah patogen tertentu telah memasuki tubuh, yang tidak mungkin terjadi pada jalur rumah tangga.

Gonore adalah penyakit berbahaya, gejala yang tersembunyi dan tidak muncul untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, sebagian besar wanita yang telah terkena gonore untuk waktu yang lama tidak mencurigai ini dan merupakan sumber infeksi. Ini karena kekhasan eksistensi gonococcus. Di dalam tubuh itu adalah baik di permukaan sel dan intraseluler (di leukosit, sel epitel), m. E. Ada bentuk laten dan sulit diobati.

Gonore pada wanita – penyebab

Penyebab gonore adalah diplococcus gram-negatif – gonokokus.

Karena protein yang dihasilkan dan dengan bantuan vili yang tersedia, gonokokus melekat kuat pada sel epitel, menyebabkan kematian mereka. Phagocyte (diserap) oleh neutrofil (sel-sel tubuh manusia), tetapi tidak mati, tetapi melanjutkan aktivitas vitalnya dan mempertahankan kemampuan untuk bereproduksi. Menyebabkan proses inflamasi lokal, tetapi jika masuk ke dalam darah dan getah bening, prosesnya digeneralisasikan, yang menyebabkan sepsis.

Untuk penyebab gonore pada wanita yang berkontribusi terhadap infeksi gonococcus, berikut ini dapat dikaitkan:

– budaya keseluruhan yang rendah;

– onset awal aktivitas seksual;

– hubungan seksual promiscuous dengan banyak mitra;

– tidak adanya kontrasepsi selama hubungan seksual;

Alasan untuk penyebaran gonore lebih lanjut pada wanita adalah:

– persalinan;

– menstruasi;

– intervensi diagnostik dan terapeutik medis (aborsi, suara uterus, dll.).

Gonore pada wanita – gejala

Masa inkubasi untuk gonore adalah dua hingga 30 hari. Jika seorang wanita mengambil antibiotik atau persiapan sulfanilamide untuk beberapa alasan, masa inkubasi memanjang. Kadang-kadang itu memperpanjang jauh dan segera masuk ke arus laten.

Gonore pada wanita terjadi dalam dua bentuk:

– urogenital – mempengaruhi sistem genitourinari;

– extragenital – proctitis, stomatitis, faringitis.

Pada wanita, gonore sering dimulai tanpa gejala. Pasien mungkin tidak mencurigai adanya penyakit.

Gejala utama gonore pada seorang wanita adalah:

– sensasi tidak menyenangkan dan nyeri yang tidak jelas saat buang air kecil;

– putih putih dan kuning yang melimpah;

– nyeri di perut bagian bawah dan di belakang.

Gejala klasik dari gonore pada wanita – sejumlah besar keputihan putih atau kekuningan dengan bau yang tidak menyenangkan. Banyak wanita sering kesalahan gejala untuk manifestasi dari kandidiasis atau – proses inflamasi dan mulai memperlakukan diri Anda: minum antibiotik atau obat antijamur, berbagai agen anti-inflamasi, sehingga mengaburkan gambaran yang benar dari penyakit.

1. Jika yang terlibat sistem urogenital, yang paling sering terjadi lesi serviks – servisitis gonore. Gejala utama pada wanita dengan servisitis gonorea adalah keputihan yang melimpah. Sekresi mereka disertai dengan rasa gatal di mana-mana: di vagina, di daerah organ genital eksternal, di perineum. Gatal disebabkan oleh efek iritasi pada kulit dan selaput lendir dari sekresi yang melimpah. Gangguan nyeri di sakrum, bercak.

Dengan keterlibatan proses saluran kemih untuk gonore pada wanita muncul gejala dizuricheskie: sering ingin buang air kecil, perasaan pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap, kram dan rasa terbakar saat buang air kecil.

Ketika naik gonore pada wanita dikembangkan endometritis, salpingitis, sementara ada gejala baru: demam, mungkin menggigil, berbagai gangguan menstruasi (giperpolimenoreya sering – perdarahan uterus asiklik), rasa sakit di perut bagian bawah atau punggung. Ascending gonorrhea adalah yang paling berbahaya karena komplikasi parah yang kemudian berkembang.

2. Bentuk ekstragenital gonore pada wanita dimanifestasikan oleh proktitis, stomatitis, faringitis.

Proktitis pada gonore pada wanita tidak menunjukkan gejala, meskipun pada beberapa kasus, gejala khas “gonorrheal”: nyeri, gatal, dan keluarnya cairan spesifik dari rektum.

Faringitis pada gonore pada wanita dimanifestasikan oleh gejala sakit tenggorokan biasa: keringat dan sakit tenggorokan saat menelan, demam, peningkatan kelenjar getah bening submandibular. Seringkali gejalanya tidak terlalu terasa: tenggorokan yang sakit ringan, suara seperti osseous.

Stomatitis pada gonore bermanifestasi sebagai gejala stomatitis tipikal.

Gejala yang terhapus atau ketidakhadirannya pada wanita tidak menyebabkan kewaspadaan tertentu dan mengarah pada pengobatan sendiri, dan di masa depan – ke berbagai komplikasi sehubungan dengan penundaan pengobatan yang adekuat. Sayangnya, hingga 60% kasus gonore pada wanita tidak memberikan gejala klinis yang terang dan sering disalahtafsirkan sebagai stres, kelebihan beban, terlalu panas.

Jika kencing nanah tidak didiagnosis dalam waktu singkat dan pengobatan tepat waktu tidak dimulai, setelah dua bulan dibutuhkan kursus yang kronis. Gonore kronis hampir tidak memiliki gejala, ini terjadi dengan eksaserbasi yang tidak terekspresikan.

Ada gonokokonositelstvo (aliran laten): gejala gonore pada wanita tidak ada, tetapi smear mengeluarkan patogen.

Gonore pada wanita – pengobatan

Pengobatan gonore dimulai dengan terapi antibiotik. Penisilin, sefalosporin, dan fluoroquinolon digunakan. Karena gonore dikombinasikan dengan trikomoniasis dan klamidia, antimikroba (metronidazol) dan tetrasiklin (doksisiklin) juga diresepkan.

Pada gonore akut pada wanita, satu dosis antibiotik cukup untuk pengobatan.

Perjalanan pengobatan adalah 7-10 hari dengan naik atau campuran gonore pada wanita.

Vaksin Gonococcal juga digunakan, pengobatan lokal diterapkan (larutan antiseptik: miramistine, potassium permanganate, chlorhexidine, dll.), Stimulan kekebalan.

Diperlukan perawatan pasangan seksual.

Komplikasi purulen (abses tubo-ovarium, pyosalping) diobati dengan pembedahan.

Komplikasi gonore pada wanita juga termasuk:

– infertilitas;

– perkembangan kehamilan ektopik;

– infeksi pada bayi baru lahir saat melahirkan;

– bartholinite;

– konjungtivitis.

Pencegahan kencing nanah pada wanita

Beberapa aturan sederhana dapat mencegah infeksi gonore pada wanita:

– seks yang dilindungi;

– tidak dapat diterimanya seks bebas;

– kebersihan pribadi;

– penolakan untuk menggunakan pakaian dalam orang lain, alas tidur, barang-barang pribadi orang yang mungkin sakit atau terinfeksi dengan kencing nanah.

Untuk mengurangi risiko infeksi dengan gonore hubungan seksual tanpa pelindung dipertanyakan dapat diobati vulva dan memperkenalkan 5 ml dari antiseptik (Betadine, miramistina atau chlorhexidine) di vagina sebelum hubungan seksual. Ini akan mengurangi risiko sepuluh kali lipat.

Jika hubungan seksual yang meragukan telah terjadi, untuk mengurangi risiko infeksi, perlu kencing berulang-ulang tidak lebih dari 1,5 jam setelah berhubungan seks (aliran urin tersapu habis oleh gonococci dari uretra); hati-hati mencuci genitalia eksternal dan perut bagian bawah; dimasukkan ke dalam antiseptik vagina. Dalam beberapa hari ke depan, kunjungi ginekolog untuk diperiksa dan diresepkan perawatan pencegahan.

Pencegahan gonorrhea sekarang – prioritas Kelamin karena tingkat tinggi menular, kehadiran resisten terhadap berbagai strain antibiotik gonore, infertilitas dan komplikasi serius lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + = 19