22 Mei: hari libur apa hari ini. Acara, ulang tahun dan ulang tahun pada 22 Mei.

Liburan 22 Mei

Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati

Pada tahun 1995, Majelis Umum PBB atas dasar Konvensi Keanekaragaman Hayati (CBD) yang diselenggarakan pada tahun 1994 mengadopsi resolusi menetapkan Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati, dan 2001 festival, mengambil skala global mulai dirayakan setiap tahun oleh sebagian besar negara di dunia. Di bawah keanekaragaman hayati itu adalah kebiasaan untuk memahami keragaman kehidupan yang hidup di planet kita. Dan hari ini kehidupan ini secara bertahap sekarat di bawah tekanan dari peradaban yang berkembang pesat.

Seluruh hutan lenyap dari muka bumi, beberapa spesies tumbuhan dan hewan menghilang setelah mereka. Kesalahannya adalah aktivitas aktif manusia. Pada tahun 1994, Konvensi Keanekaragaman Hayati diadakan untuk menarik perhatian dunia terhadap masalah ini. Saat ini, lebih dari 200 negara di dunia merupakan bagian dari Konvensi ini, yang tujuannya jelas: mereka berusaha untuk melestarikan keanekaragaman hayati semua makhluk hidup, dan juga untuk memperkuat situasi ekologis di Bumi.

Tugas utama hari ini terletak di jantung masyarakat akhirnya mengakui kesalahannya sehubungan dengan flora dan fauna dan mulai mengurus sumber daya alam planet ini. Keanekaragaman hayati rumah kosmik kita secara bertahap dikurangi, sistem ekologi degradasi begitu cepat bahwa kehidupan tidak memiliki waktu untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi lingkungan. World Conservation Union memilih tujuh faktor fundamental yang menyebabkan ketidakseimbangan biologis di Bumi. Di antara mereka, kehidupan manusia yang agresif adalah dominan. Dan hanya pada rencana kedua evolusi alami dari alam dan perubahan iklim berikutnya surut.

Saat ini, program untuk pelestarian keanekaragaman kehidupan di Bumi berkembang pada tingkat yang luar biasa, mempertahankan spesies yang terancam punah yang sedang diciptakan, tanggung jawab untuk penghancuran hewan sedang diperkenalkan, dan seterusnya. Dalam kekuatan kami untuk membantu kehidupan yang memudar untuk bangkit dan menang lagi!

22 Mei di kalender nasional

Nikola-Veshny

Pada tanggal 22 Mei, orang-orang mengingat St Nicholas, yang juga disebut Juruselamat dan Wonderworker. Dia adalah salah satu dari orang-orang kudus yang paling dihormati dalam agama Kristen, pelindung perdagangan, anak-anak dan pelaut. Bahkan selama masa hidupnya, Nicholas dimuliakan sebagai seorang rekonsiliator dari peperangan, penjaga yang dituduh tanpa dosa dan pembela kematian yang sia-sia.

Perayaan untuk menghormati St. Nicholas Juruselamat di Rusia diadakan dua kali setahun – pada 19 Desember dan 22 Mei. Pada saat ini, rumput mekar di jalan-jalan, sehingga ternak dikirim ke padang rumput. Di antara pemuda ada ritual khusus: orang-orang yang belum menikah dilengkapi dengan seluruh keluarga dan mengirim mereka ke lapangan, dan dengan diri mereka sendiri mereka memberi berbagai suguhan. Di malam hari, gadis-gadis muda yang belum menikah bergabung dengan mereka, dan sebuah pesta sungguhan dengan tarian bulat, lagu, dan tarian dimulai. Di Nicholas, orang tua mengirim anak-anak mereka ke masa dewasa, jadi sejak hari itu tidak ada kendali atas mereka.

Dengan Nikola si Pendosa di jalan, sebagai suatu peraturan, cuaca yang baik, hangat didirikan, dan kehidupan petani mulai meningkat menanjak. Kambing dan sapi menghasilkan lebih banyak susu, berkat tanaman hijau segar di ladang. Oleh karena itu, orang-orang tidak terlalu khawatir tentang bagaimana memberi makan keluarga mereka. Hari ini, mereka juga memperhatikan tanda-tanda cuaca. Jika pagi hari berkabut, maka secara tradisional orang mencuci embun pagi mereka untuk menambah kesehatan, kekuatan dan kekuatan sepanjang tahun. Pertanda baik hari ini adalah hujan yang hangat, menjanjikan panen yang kaya tahun ini.

Peristiwa sejarah 22 Mei

22 Mei 1856 – Pendirian Galeri Tretyakov

Galeri Tretyakov, yang merupakan museum nasional seni rupa Rusia abad ke 10-20, didirikan pada tahun 1856. Pada tanggal yang ditunjukkan oleh kami, kolektor terkenal Rusia Pavel Tretyakov membeli beberapa lukisan seniman luar biasa Khudyakov dan Schilder. Bahkan sebagai seorang pemuda, Tretyakov menetapkan tujuan untuk mendirikan sebuah museum yang akan terkenal di seluruh Rusia. Selama 40 tahun dia pergi ke mimpinya, perlahan tapi pasti, tanpa mematikan arah yang benar. Setelah menjalin hubungan persahabatan yang kuat dengan para seniman, Wanderers, kolektor mendapat kesempatan untuk mendapatkan karya terbaik mereka.

Pada 1856, impian Tretyakov menjadi kenyataan. 22 Mei, pembukaan resmi museum, tetapi untuk umum melihatnya dibuka hanya pada 1881. Untuk saat ini, Galeri Tretyakov memiliki lebih dari seratus ribu karya seni yang berbeda, terkonsentrasi di kompleks arsitektur di gedung di poros Crimean dan di jalur Lavrushinsky. Dengan keputusan kepala Federasi Rusia, Galeri Tretyakov menempati peringkat di antara benda-benda budaya dan sejarah yang paling berharga di Federasi Rusia.

22 Mei 1892 – Dr Washington Sheffield menemukan sebuah tabung untuk pasta gigi

Saat itu, Dr. Sheffield bahkan tidak dapat membayangkan bahwa penemuannya pada akhirnya akan menjadi salah satu objek yang paling dicari dari kehidupan manusia. Dan meskipun tabung hari ini diisi dengan produk yang berbeda (krim, cat, makanan, dll), pasta gigi adalah zat pertama dikemas dalam wadah tyubikovuyu.

Sampai akhir abad kesembilan belas, untuk menjaga gigi dalam urutan yang tepat, manusia menggunakan bubuk gigi, yang dijual dalam amplop kertas kecil. Segera bubuk ini mulai “encer”, sehingga dokter gigi V. Sheffield bingung dengan tujuan menciptakan paket yang nyaman untuk pasta gigi cair. Orang yang mengajukan gagasan itu ke dokter adalah seorang seniman Amerika yang menyimpan warna-warnanya dalam wadah tubular. Dokter gigi memutuskan bahwa setelah beberapa perubahan, tubulus tersebut dapat digunakan untuk menyimpan pasta gigi yang diencerkan. Terinspirasi oleh gagasan itu, dokter dengan serius terlibat dalam produksi pasta gigi dalam tabung. Namun, karena antusiasmenya untuk bisnisnya sendiri, dokter gigi lupa untuk secara terbuka menemukan wadah yang dia temukan, dan setahun kemudian ahli kimia Colgate – penemu pasta gigi cair – meletakkan misi ini pada dirinya sendiri. Setelah beberapa waktu, Colgate berpikir untuk mengemas semua jenis krim, salep, dan cat dalam tabung.

22 Mei dilahirkan

William Sturgeon (1783 – 1850) – penemu bahasa Inggris. Dia tidak memiliki pendidikan khusus, tapi fakta ini tidak mencegah Sturgeon datang dengan dinamo, serta untuk membangun elektromagnet berbentuk tapal kuda pertama, yang mengangkat beban berat besar.

Pavel Zarubin (1816 – 1886 gg.) – Penemu Rusia, otodidak. Sebagai seorang anak, kemampuan membaca Zarubin praktis tidak terlatih. Namun demikian, ibu menginvestasikan pada putranya beberapa pengetahuan. Paulus menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk melayani Departemen Tanah. Zarubin adalah penulis penemuan seperti penuai sebuah, angkat air, pompa kebakaran, alat untuk mengukur kedalaman laut dan kecepatan kapal. Banyak proyeknya yang belum terealisasi karena kurangnya dana. Selain penemuan-penemuan ini, Zarubin fokus pada masalah udara dan menyelam, dan juga seorang penulis dan penulis prosa virtuoso.

Nikita Bogoslovsky (1913 – 2004) – seorang komposer Rusia yang luar biasa, Artis Rakyat Uni Soviet. Penulis lebih dari tiga ratus versi lagu, di antaranya yang paling terkenal adalah: “Kota tercinta”, “Malam gelap”, “Shalandas penuh belanak” dan beberapa lainnya.

Nama hari Mei, 22

Mereka mencatat: Sergei, Nikolay, Severin, Joseph, Vasily, Christopher, Elena, Rita, Julia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

22 + = 31