12 Mei: hari libur apa hari ini. Acara, pesta ulang tahun, dan ulang tahun pada 12 Mei.

Hari Libur 12 Mei

Hari Perawat Internasional

Dirayakan oleh banyak negara setiap tahun pada 12 Mei. Pada hari ini, perwakilan dari profesi yang manusiawi diterima untuk mengucapkan selamat dan bersyukur atas kerja keras mereka. Hari libur Hari-hari perawat disesuaikan dengan hari kelahiran seorang wanita Inggris yang terkenal, Florance Nightingale, yang merupakan pendiri layanan perawat pertama di dunia, yang diorganisir selama Perang Krimea. Selama tahun-tahun perang yang sulit bahwa stereotip stabil terbentuk bahwa perawat pergi ke air dan api untuk menyelamatkan yang terluka di medan perang, ia membawa mereka keluar, merawat mereka, berdiri di meja operasi, membantu para dokter. Terlepas dari kenyataan bahwa liburan telah mengatasi selama lebih dari 150 tahun, itu resmi diterima hanya pada tahun 1974. Pada saat yang sama, Dewan Perawat Internasional dibentuk. Hari ini termasuk perwakilan dari 141 negara.

Hari Pendidikan Lingkungan

Setiap orang membutuhkan pengetahuan ekologis. Mereka menentukan peran dalam realisasi semua perusakan faktor manusia di planet ini: perang, perselisihan, sikap ceroboh terhadap sumber daya Bumi, pencemaran lingkungan, dll. Semua faktor ini pada akhirnya menyebabkan bencana lingkungan dan kepunahan massal orang. Pada tanggal 12 Mei, di Rusia, serta sejumlah negara lain dari mantan CIS, sebuah hari libur dirayakan – Hari Pendidikan Lingkungan, yang merupakan indikator utama aktualisasi pengetahuan lingkungan di semua bidang kegiatan manusia. Liburan didirikan pada tahun 1991 atas prakarsa dari arahan PBB, sejak itu telah dirayakan setiap tahun pada tanggal 12 Mei.

Pada hari ini, sebagian besar kota Federasi Rusia mengadakan berbagai tindakan yang ditujukan untuk mencerahkan populasi, serta menarik perhatiannya pada aspek-aspek penting dari masalah yang sedang dipertimbangkan. Berbagai pameran seni anak-anak, konferensi, kontes dan ceramah di antara anak-anak prasekolah dan siswa di lembaga pendidikan juga berlangsung dalam rangka liburan. Remaja mengambil bagian langsung dalam program untuk pelestarian alam: mereka membersihkan area sekolah, pekarangan, taman, tepi sungai, menanam pohon. Dalam kampanye semacam itu, semua orang dapat berpartisipasi.

Tentu saja, media massa, berbagai tanda di kota, perpustakaan, museum, dan bahkan banyak organisasi turis dan olahraga berkontribusi pada penyebaran pengetahuan lingkungan. Pertanyaan tentang pendidikan lingkungan tercermin dalam tingkat legislatif: menurut Konstitusi Federasi Rusia, setiap warga negara memiliki hak untuk lingkungan yang aman, ia juga memiliki hak untuk mengetahui semua informasi yang tersedia tentang kondisinya.

12 Mei di kalender nasional

Hari Para Martir

Pada tanggal 12 Mei, orang-orang memuja ingatan sembilan kesatria Kizi yang menderita karena iman mereka pada abad ketiga. Akibatnya, mereka ditangkap oleh orang-orang kafir. Setelah penyiksaan yang panjang dan menyakitkan, para martir tidak pernah menyerahkan Kristus, yang untuknya mereka dieksekusi. Belakangan, untuk menghormati orang-orang kudus ini, orang-orang Kristen mendirikan sebuah kuil, dan relik-relik mereka, diangkut dari tempat pemakaman, menjadi mukjizat.

Menurut kepercayaan populer, para martir Kizi menghilangkan rasa sakit dan penyakit tubuh lainnya. Karena itu, hari ini di Rusia dianggap sebagai penyembuhan. Untuk menyembuhkan orang sakit, konspirasi khusus dibacakan di atas kepala mereka. Juga ada mantra lain, melindungi semua anggota keluarga dari sembilan kemalangan. Ada juga kebiasaan seperti itu: orang-orang pergi ke persimpangan dan berdiri menghadap angin, sehingga dia “membawa” semua masalah dengannya. Mimpi yang bermimpi pada malam 12 Mei, dianggap kenabian. Orang-orang sangat memperhatikan mereka dan menarik kesimpulan tertentu dari konten mereka.

Peristiwa sejarah 12 Mei

12 Mei 996 – Pencahayaan di Rusia dari gereja batu pertama dari Perpuluhan

Gereja batu pertama, diterangi pada 996, berada di Kiev dan disebut Desyatinna. Ritual pencahayaan diadakan untuk menghormati Bunda Allah pada masa pemerintahan Vladimir Agung. Tempat tinggal batu adalah kuil batu berkubah, yang terdiri dari enam tingkatan. Pada abad ke-11, gereja menjadi sasaran api, setelah itu dengan cepat dikembalikan. Pada saat yang sama, “interior” nya diperkaya secara signifikan. Baginya ditambahkan berbagai ornamen dalam bentuk fresco, salib, mosaik dan elemen suci lainnya yang dibawa dari Tauric Chersonesos. Dan di dekat altar utama dipasang dua lagi – St Nicholas dan St. Vladimir. Pada tahun 1169 perpuluhan menodai pasukan Bogolyubsky, dan pada akhir tahun 1240 gereja dihancurkan di bawah tekanan Khan Baty. Pada abad ke-17, atas inisiatif Metropolitan Peter, penggalian dimulai di lokasi bekas gereja. Akibatnya, banyak hal menarik ditemukan di reruntuhan, antara lain – sarkofagus Pangeran Vladimir, serta istrinya, Anna.

12 Mei 1945 – Pembukaan Akademi Opera dan Balet Teater Novosibirsk

Salah satu bangunan budaya terbesar di Rusia dianggap sebagai simbol Siberia. Pembangunannya dimulai pada tahun 1931, tetapi segera dihentikan karena kekurangan dana. Pada tahun 1936, proyek utama membuat beberapa penyesuaian. Dan pada awal 1940-an, selama tahun-tahun tersulit bagi negara, Dewan Komisar Rakyat memutuskan untuk mengalokasikan dana yang diperlukan untuk penyelesaian pekerjaan konstruksi. Pembukaan struktur budaya terjadi pada tahun 1945, pada 12 Mei. Pada hari pembukaan, pemutaran perdana pertunjukan M. Glinka “Ivan Susanin” dengan sukses besar diadakan di teater.

12 Mei 2004 – Pengenalan posting imam web, yang bekerja secara eksklusif di jaringan

Pada hari kami mempertimbangkan, Gereja Anglikan didirikan sebagai pendeta web. Untuk memanggang gereja Internet dipercayakan kepada pelayan Alison Leslie. Pembukaan komunitas ini, yang kemudian mengumpulkan banyak negara, Gereja Anglikan sepenuhnya didukung dan didukung. Terlepas dari kenyataan bahwa para pengunjung gereja baru adalah perwakilan dari berbagai negara, masyarakat menjadi bagian dari Keuskupan Oxford. Hari ini, menurut Alison Leslie, lebih dari 800 orang menyatakan keinginan untuk berpartisipasi dalam proyek yang tidak biasa.

12 Mei dilahirkan

Gustav Vasa (1496 – 1560) – raja Swedia sejak 1523. Dia memimpin negara setelah Swedia memperoleh kemerdekaan dari Denmark sebagai hasil dari pemberontakan rakyat yang diorganisasi olehnya.

Dorothy Crowfoot-Hodgkin (1910 – 1994) – seorang kimiawan Inggris yang luar biasa, pada tahun 1964 dianugerahi Hadiah Nobel, berkat definisi struktur zat aktif biologis dengan bantuan sinar-X.

Florance Nightingale (1820 – 1910 gg.) – seorang perawat-pahlawan, penyelenggara perawatan untuk terluka di tentara perang. Prestasi utamanya adalah bahwa gadis itu mendirikan kursus perawat di Inggris. Untuk menghormatinya, penghargaan tertinggi untuk perawat didirikan – Medali Florens Nightingale.

William Jioc (1895 – 1982) – kimiawan Amerika, diberikan pada tahun 1949 dengan Hadiah Nobel untuk “kontribusi luar biasa untuk termodinamika kimia”, khususnya, ia mempelajari perilaku zat di bawah suhu yang sangat rendah.

Namedays pada 12 Mei

May Day merayakan 12 Mei: Ivan, Dominik, Vasily, Artem, Anna, Filimon, Fedot, Pankratiy, Isabella, Anastasia, Sergey.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + = 7